8.04.2013

Apa Arti Dewasa?

aku sering denger orang bilang, "kamu itu udah 20 taun, harusnya gini ga boleh gitu" atau "coba dong dandan, pake bedak, lipstik, pake rok atau gaun jangan pake celana mulu biar keliatan dewasa" atau "kayak anak kecil aja sih udah umur segitu masih baca komik, masih nonton kartun"..

dewasa.. sebenernya apa arti dari dewasa? kapan kita disebut dewasa? apakah saat kita mulai berusia 20 taun itu berarti kita telah dewasa? apakah dengan kita berdandan ala tante-tante dengan wajah full make up dan berpakaian seperti orang berumur 25 taun ke atas itu disebut dewasa? atau apakah dengan kita berhenti membaca komik dan menonton tayangan kartun favorit akan menjadikan kita bukan anak kecil lagi? well, aku pikir itu semua ga membuat kita bakal menjadi yang disebut dengan dewasa.. 

menurutku dewasa itu ketika kita bisa menghadapi suatu masalah dengan pikiran terbuka.. iya, respon kita terhadap suatu masalah menunjukkan kedewasaan kita.. apakah kita meresponnya dengan marah-marah dan menyalahkan orang lain? atau meresponnya dengan kepala dingin dan mencari solusi agar keluar dari masalah.. menurut pengalaman, kalau kita merespon suatu masalah dengan marah-marah, endingnya ga bakal baik.. yang ada malah masalah makin mbleber kemana-mana, hal-hal yang tadinya ga jadi masalah malah bisa berubah jadi masalah.. beda kalau ngeresponnya dengan cara baik-baik, tenangin diri dan cari solusi.. masalah itu bisa terselesaikan dengan rapih ga mbleber kemana-mana.. 

menurutku dewasa itu ketika kita bisa bertanggung jawab dan menjaga diri kita sendiri.. aku pikir orang yang bisa ngejaga diri dan ngerti akan tanggung jawabnya itu adalah orang yang dewasa.. dia ga akan ngelakuin hal-hal yang bakal ngerugiin dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya.. jadi tiap dia bakal ngelakuin sesuatu, dia bakal mikir apakah hal yang dilakuinnya itu bakal ngerugiin dirinya sendiri dan orang-orang di sekitarnya atau enggak.. dan menurutku dewasa itu ketika kita pada akhirnya bisa dengan ikhlas mengakui kesalahan yang pernah kita lakukan dan berani meminta maaf untuk itu, juga ketika kita bisa dengan tulus memaafkan kesalahan orang lain.. jadi menurutku dewasa itu ga sekedar usia, dandanan, bacaan, atau tontonan.. menurutku dewasa itu lebih pada pikiran dan tindakan yang positif, hehe.. 

sekarang ini aku lagi mengingat apa-apa aja yang udah aku lakuin beberapa taun belakangan dan aku sadar bahwa kelakuanku itu masih sangat kekanakan.. egois, mau menang sendiri, ga mau disalahkan, ga bisa ngerti perasaan orang lain, marah-marah saat harapanku ga sesuai kenyataan, ga bisa maafin orang, dan masih banyak lagi.. aku malu.. malu karena udah berkelakuan seperti itu.. sebenernya juga nyesel banget tapi orang bilang "jangan sesali apa yang terjadi di dalam hidupmu karena itu merupakan proses hidup dan kamu bisa belajar dari kesalahanmu itu" jadi aku berusaha buat ga menyesali itu dan bakal mencoba belajar dari situ menjadi orang dewasa yang lebih baik lagi, hehe..


iput

No comments:

Post a Comment