9.24.2012

How to be a Writer

beberapa hari yang lalu aku iseng jalan sendiri ke toko buku, di sana aku nemuin sebuah buku yang menarik perhatian.. "How to be a Writer" judulnya, buku ini karangan Primadonna Angela.. pertama baca judulnya aku langsung tertarik, dari kecil aku suka nulis cerita tapi yaa ga pernah selesai soalnya di tengah jalan ga tau mesti nulis apa lagi.. sempet mogok tapi akhirnya belakangan ini aku mulai nulis lagi, uda cerita kan aku.. saking semangatnya nulis, aku sampai sering ninggalin tugas kuliah, hehe.. yaa walaupun begitu, kendala ga ada ide mau nulis apa lagi masih sering menghampiri.. waktu aku liat buku ini, ku pikir aku bakal dapet sedikit ilmu kalo baca, akhirnya aku putusin untuk beli.. buku ini terdiri dari dua bagian, bagian pertama isinya teenlit, bagian kedua baru deh tips-tips jadi penulis..

kata mbak Primadonna Angela ini, langkah pertama jadi penulis itu harus punya niat.. ya, niat yang kuat buat nulis ga peduli apapun kendalanya (termasuk tugas kuliah dalam kasusku, hehe).. kalo tanpa niat aja kita bisa ngelakuin sesuatu, apalagi kalo bener-bener niat? pasti hasilnya bakal lebih baik.. trus langkah yang kedua, harus tau apa alasan kita untuk nulis.. hehmm, kalo aku sih ga punya alasan khusus, entah kenapa pengen aja gitu nulis, walaupun ceritanya acakadut.. langkah selanjutnya, kita harus punya sesuatu buat disampaiin ke pembaca, yang ngebedain kita dari penulis lain, yang unik, dan punya nilai tambah.. agak susah sih menurutku karena kita nulis kan kadang terinspirasi dari penulis lain dan untuk itu kata mbak Primadonna ini, kita perlu ngadain riset tentang isi cerita kita nanti.. langkah berikutnya adalah menggagas ide, nah ini ni kendala yang mungkin sering dialami.. ide tiba-tiba ilang, ga tau mau ngelanjutin cerita kayak gimana lagi.. kata mbak Prima, ide itu ada di mana-mana asal kita mau nggunain imajinasi kita.. untuk ndapetin ide, kita perlu yang namanya tabungan ide.. kadang ide kan dateng tiba-tiba di saat ga terduga, biar ide itu ga ilang, kita bisa nyatet ide itu di buku atau di mana gitu, biar ntar pas kita keabisan ide, kita bisa baca-baca lagi tu catetan dan nglanjutin cerita kita.. aku pernah baca juga dari twitternya Sitta Karina, kalo kita ga tau tokoh cerita kita itu mau di-gimana-in di-apa-in lagi, ajak ngobrollah dia misalnya pake pertanyaan "bagaimana kalau".. setelah itu ciptain zona nyamanmu, setiap penulis itu punya zona nyamannya sendiri yang unik..

nah, tips yang aku tulis di atas itu kan tips untuk diri penulisnya, sekarang ada tips buat isi ceritanya.. buku yang baik itu pasti punya ide yang solid, maksudnya ide yang solid itu kita bisa ceritain isi buku itu tentang apa dalam satu kalimat.. jadi waktu mau nulis cerita, kita perlu pikirin dulu inti cerita kita itu tentang apa, jangan kayak sinetron yang ceritanya muter-muter bertele-tele.. bisa juga kita tulis sinopsis atau kerangkanya dulu biar ceritanya ga meluas kemana-mana.. setelah itu kita mesti merhatiin kalimat & paragraf pembuka.. kalimat & paragraf pembuka cerita itu harus yang menggugah minat pembaca, yang bikin penasaran.. kalo pembukanya aja uda ngebosenin atau njelimet pasti pembaca ogah ngelanjutin sampai akhir.. yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah latar cerita.. latar merupakan tempat cerita itu berlangsung, atmosfer, waktu, dsb. dan ini bakal nentuin mood cerita.. untuk memperdalamnya kita bisa ngadain riset.. yang selanjutnya adalah karakter.. ini penting nih soalnya karakter ini merupakan sifat karakteristik tokoh di dalam cerita kita, kita juga bisa riset tentang karakter orang-orang di sekitar kita.. selanjutnya yang ga kalah penting adalah konflik dari cerita kita.. pembaca tentu ga mau baca cerita yang datar-datar aja tanpa adanya konflik.. yang terakhir adalah ending-nya.. kita bisa nulis ending kayak gimana aja sesuka kita tapi tetep, kata Mbak Angela, ending harus muasin pembaca dan sesuai sama watak tokohnya..

kesimpulan yang aku dapet setelah baca buku ini tu, kalo mau nulis cerita kita perlu ngadain riset biar cerita, karakter, pokoknya semuanya deh biar bener-bener keliatan nyata dan ceritanya bisa lebih mendalam.. dan ga ketinggalan sering latihan.. nah postingan yang aku tulis ini cuma sekilas aja, kalo mau yang lebih detail, baca deh bukunya.. di buku itu bisa ditemuin cara ngumpulin ide, cara nentuin latar, cara nentuin karakter dsb.. oke, selamat menulis !!


iput

No comments:

Post a Comment