8.23.2012

Bicara pada Bintang

bintang.. benda langit yang bisa memancarkan cahayanya sendiri.. bagus kan? dulu jaman kecil sampe kira-kira SMA aku suka banget ngeliat bintang dari balkon rumah.. tiap abis maghrib selalu aku sempetin duduk sendiri di balkon sambil ngeliat bintang padahal aku ini takut gelap.. tapi entah kenapa tiap ngeliat bintang perasaanku jadi seneng, yang tadinya lagi sedih jengkel marah bisa jadi seneng trus yang tadinya uda seneng bisa jadi makin seneng.. ga cuma itu, kadang aku sering ngobrol sama bintang-bintang itu.. kedengeran aneh emang, tapi itu kenyataannya, kalo lagi ada masalah apapun setelah ngobrol sama mereka bisa jadi lega gitu padahal mereka ga bisa nyautin obrolanku..

dulu kalo aku ga bisa ngeliat mereka, mereka ga keluar gitu karena mendung atau ketutupan awan malam, aku selalu bilang gini "oi bintang, kamu kemana? kok ga keluar? aku mau cerita.." sambil ngeliat ke langit.. haha, konyol tapi ajaib lho, setelah itu satu persatu dari mereka keluar seakan ngedenger teriakanku tadi dan mau ngedengerin aku cerita.. nah setelah cukup banyak bintang terkumpul, baru deh aku mulai cerita ke mereka dari yang seneng-seneng sampe yang nangis-nangis.. 

dulu juga, entah denger dari mana, ada yang bilang kalo orang yang udah meninggal bakal berubah jadi bintang trus jagain kita dari langit dan lucunya aku percaya itu.. dulu aku milih beberapa bintang yang paling terang sebagai Nenek dan Kakek dari Ibuku yang belum pernah aku kenal dan temui trus juga sebagai Kakek dari Ayahku yang cuma ku kenal sebentar, aku juga milih beberapa bintang buat dua kakak sepupuku yang udah meninggal juga buat om dan tanteku.. sebelum ngobrol sama bintang-bintang itu, aku sempetin buat nyapa mereka dulu, hehe.. aku jadi berasa ngobrol sama mereka yang udah meninggal..

beberapa minggu kemarin waktu di jalan buat solat tarawih, aku iseng nengok ke langit dan wah.. aku liat bintang banyak banget, bagus, dan aku kangen ngobrol sama mereka.. waktu mudik lebaran kemarin juga aku liat bintang-bintang itu, banyak dan lebih bagus karena di desa tempat Nenekku tinggal belum banyak lampu-lampu kayak di kota.. aku selalu suka lihat bintang di desa tempat Nenekku ini, sering kalo berkunjung aku sengaja duduk di teras sendirian cuma buat ngeliatin bintang padahal ya di depan rumahnya itu masih kebun-kebun gelap gitu.. sekarang aku uda jarang ngelakuin rutinitasku yang satu ini soalnya jarang ada waktu, kuliah emang bener-bener menyita waktu.. aku pengen bisa berquality time ngobrol sama bintang-bintang itu lagi walau cuma semalam..


kenapa harus takut gelap kalau ada banyak hal indah yang hanya bisa dilihat sewaktu gelap? 


iput

No comments:

Post a Comment