10.15.2013

Mengalah Untuk Mengerti..

mengerti dan dimengerti.. tindakan yang sepertinya mudah tapi ternyata sulit untuk dilakukan.. seringnya orang-orang ingin sekali dimengerti tanpa mau mengerti.. aku ga bisa membayangkan gimana kalau semua orang maunya hanya dimengerti tanpa ada yang mau mengerti.. dunia ini akan penuh dengan orang yang egois, yang hanya mementingkan dirinya sendiri tanpa memikirkan orang lain.. untuk mengerti seseorang itu bukan hal yang mudah, bahkan banyak orang yang telah bersahabat hingga berpuluh-puluh tahun tapi tetap saja tidak bisa mengerti sahabatnya itu.. yah, sepertinya usia suatu hubungan bukanlah jaminan untuk dapat mengerti seseorang.. menurutku untuk mengerti seseorang, kita harus tau betul kepribadian orang tersebut, bagaimana sifat dan tindak tanduknya.. 

mengerti orang yang hanya ingin dimengerti.. aku rasa ini adalah hal yang paling menyebalkan karena kita harus selalu mengerti orang yang tidak ingin mengerti orang lain.. bagi mereka, yang penting itu hanya perasaan mereka, tidak peduli alasan seseorang melakukan sesuatu terhadap mereka, kalau mereka merasa tidak senang ya mereka bakal marah, padahal mungkin orang tersebut mempunyai alasan yang baik atas tindakannya.. kalau sudah begitu, jalan satu-satunya untuk membuat keadaan menjadi lebih baik adalah salah satu diantara mereka harus mengalah.. lalu siapa yang mengalah? sudah pasti bukan si orang yang maunya hanya dimengerti ini..

mengalah untuk mengerti bukan merupakan tindakan yang mudah karena orang tersebut harus dapat menahan egonya untuk mengalah dan untuk dapat mengerti perasaan orang lain.. mengalah itu ga berarti kalah, mengalah itu mengartikan bahwa kita sudah cukup dewasa untuk mengambil tindakan membuat keadaan menjadi lebih baik.. tapi orang-orang yang mau mengalah untuk mengerti ini sering dipandang remeh oleh orang-orang yang maunya hanya dimengerti.. mentang-mentang orang ini lebih banyak mengalah, orang yang maunya hanya dimengerti malah makin menjadi-jadi egoisnya.. istilahnya ngelunjak.. kalau udah keterlaluan begitu sih mending distop aja ngalahnya trus ditinggalin, biar dia sadar kalau dia di dunia tu ga hidup sendiri dan harus bisa mengerti orang lain.. haha, selamat belajar untuk mengalah dan mengerti orang lain..


iput

No comments:

Post a Comment