7.09.2012

My First Muffin

hihii.. sebulan atau dua bulan yang lalu, aku ditawarin ma temen-temen SMA ku, Ifa, Inge, & Bela buat gabung ikutan lomba Proposal Mahasiswa Wirausaha yang diadain universitasku.. awalnya cuma karena tugas mata kuliah dan ga berharap bakal lolos sampe akhir.. eh, malah kita lolos sampe akhir.. karena lolos sampe akhir, kita bakal dapet dana dari universitas dan ngejalanin usaha itu.. usaha yang kami buat ituu usaha kuliner, cake berbahan sayur.. jujur aja, aku sebenernya paliing anti ma sayur, dan karena itu lah aku mau ikutan gabung.. pengen nyoba, gimana sih rasa cake kalo bahannya dari sayur..


nah, dua minggu yang lalu, kami nyoba untuk ngebuat cake-nya.. kami bikin muffin dengan bahan-bahan dasar membuat kue plus wortel.. untuk permulaan, kami bereksperimen dengan wortel.. awalnya, acara pembuatan muffin itu berjalan mulus sesuai resep sampe aku nyeletuk, "ini kok ga cair sih adonannya? dulu aku lihat Ibuku bikin kue, cair adonannya" lalu si Ifa menyaut, "tapi di resepnya ga dikasih air lhoo, brati benerlah, kita ikuti aja resepnya".. setelah itu aku terus mengaduk-aduk adonan sampe aku nyeletuk lagi kaya gitu, eeh, si Inge ngomong, "apa ditambahin air aja? yauda, tambahin air aja" dengan pede, Ifa tau-tau nambahin air ke adonannya, haha, jadilah itu adonan cair seperti yang ku bilang..

setelah selese ngebuat adonan, dimulailah proses pencetakan dan pemanggangan.. estimasi lamanya memanggang itu 20-30menitan.. setelah menunggu, menunggu, dan menunggu, kami memberanikan diri untuk mengeluarkan muffin dari oven.. pertama, kami tusuk-tusuk dengan tusuk gigi, uda ga ada adonan yang nempel, uda mateng nih dalemnya, pikir kami.. setelah semua muffin dikeluarkan dan difoto, kami menyadari satu hal.. warna muffin itu pucat sekalii, keliatan kaya belum mateng gitu, akhirnya kami icip satu muffin dan.. beuuhh, dalemnya belum mateeng, masih lengket-lengket adonan gituu.. setelah itu kami masukkan kembali ke dalam oven, setelah 20menit, kami keluarkan.. oke, warnanya udah coklat, uda beneran mateng nihh, pikir kami.. kami mengicip satu buah lagi daann.. dalemnya belum mateng jugaa, masih lengket seperti tadi.. kami putuskan untuk memanggang lagi dan hasilnya tetap sama.. kami menyerah, sepertinya kami salah mengikuti resep, sepertinya kami ga perlu nambahin air ke adonan tadi.. yah, dengan muka masam, kami bawa pulang muffin gagal tadi..

sampe di rumah, aku cerita ke Ibu dan menawarkan muffin tadi.. Ibu ngasih komentar, "ngawur, bikin kue kok dikasih air.. itu adonan cair kan dari telurnya, bukan dari air.. itu tepungnya kebanyakan trus telurnya kurang mungkin.. lagi, kalo misal dikasih air, airnya air dingin, air es.." olalaa.. ternyata bikin kue itu ga pake air toh, haha, pantes aja begitu hasilnya.. okee, saya akan berusaha membuatnya dengan lebih baik lagi dan layak untuk dimakan, haha..


iput

No comments:

Post a Comment